My Seven 2019 New Year Resolutions

Yes, I’m sure you know me that well kalau aku bukan tipe-tipe orang yang kalau mau bikin resolusi harus nunggu tahun baru. Tapi karena ini ada momennya dan asyik-asyik aja lah ya ikut-ikutan bikin resolusi tahun baru, plus a little bit follow the mainstream won’t hurt anybody, will it? Lagian kalau semua orang ga mau ikut mainstream, ntar jadi mereka yang ga mau mainstream itu yang mainstream dong, get it, right, hahaha.

So let’s see my 7 resolutions of this new year of 2019:

#Resolution Number 1
Meluncurkan My Own Website

Yes, this is my dream that I already plan since more than one year ago when I decided to work as freelancer. This is like my idealist project gitu lah, hehehe. Meskipun demikian sejak awal aku tidak terburu-buru dan tidak menetapkan target jadi santai tapi tetap dengan setiap hari mempersiapkan baik konsep, konten, maupun mental, hihihi. In fact, this is under construction right now, dan semoga di awal tahun depan sudah bisa diluncurkan, just wait and see ya.

#Resolution Number 2
Keep Writing Everyday

Tentu melanjutkan #fitridaily #minicolumn di Facebook dan #fitridailyminicolumn di Instagram aku masukkan dalam salah satu resolusi tahun baru 2019-ku. Secara gitu lho, ini saja sudah tulisan ke-150. Masa ga dilanjutkan, sayang dong ah. Kan aku sudah menuliskannya beberapa hari yang lalu “7 Manfaat Menulis Setiap Hari di Media Sosial”. So I plan to keep writing everyday and continue my daily mini column in my personal social media.

#Resolution Number 3
Menurunkan Berat Badan

Percaya tidak, aku sudah membuat resolusi ini sejak 30 tahun yang lalu, hahaha. Ini adalah resolusi yang selalu aku bikin setiap tahun dan diperbaharui lagi di tahun selanjutnya. Apalagi zaman-zaman mahasiswa di Jatinangor dulu, masih ingat banget aku, betapa seriusnya setiap tahun baru membuat resolusi untuk menurunkan berat badan, hihihi. Yang penting dibikin resolusi dulu saja lah, soal berhasil atau tidak, kita evaluasi nanti di akhir tahun ya. Kalau tidak berhasil ya seperti biasa, diperbaharui lagi dan dibuat resolusi lagi untuk tahun 2020, hahaha.

#Resolution Number 4
Olahraga Setiap Hari, Minimal Jogging

Ini hampir mirip sih dengan yang nomor 3 tadi, tapi yang ini tidak sejak 30 tahun yang lalu banget, hahaha. Soalnya waktu usia dua puluhan apalagi belasan tahun, kesehatan dan staminaku masih sekuat kuda, hahaha. Masuk usia tiga puluhan, baru stamina mulai menurun dan tubuh mulai gampang soak kalau kesehatan tidak dijaga dengan ketat, sehingga olahraga menjadi satu kebutuhan bukan keharusan lagi, hiks hiks hiks. Tahun 2018 kemarin sudah sempat menjadi kebiasaan sih jogging setiap pagi, eh di akhir tahun berhenti lagi. Maka dari itu, penting untuk membuatnya menjadi resolusi tahun 2019, yay!

#Resolution Number 5
Punya Tabungan

Mengingat tabunganku sebelumnya sudah berubah menjadi rumah lengkap dengan cicilan yang menyertainya, hihihi, maka penting untuk punya tabungan lagi seperti dulu. Apalagi aku dan suamiku sama-sama pekerja freelance, sehingga punya tabungan is a must kayaknya. Walaupun aku tetap yakin rejeki sudah ada yang mengatur selama kita selalu mau berusaha dan berpikir positif, tapi kalau punya tabungan tetap akan jauh lebih baik kan ya. Apalagi kemarin temanku bilang, menurut seorang ahli financial planning, kalau pekerja tetap itu jangka aman tabungannya harus cukup untuk hidup 3 bulan kemudian, sementara kalau pekerja freelance amannya harus punya tabungan untuk minimal hidup hingga 12 bulan kemudian, elhadalah, hahaha.

#Resolution Number 6
Lebih Sering Menjadi Fasilitator Training

Aku menikmati semua pekerjaan yang aku lakukan sih, mau menulis, mengedit, menerjemahkan, notulensi, dan lain-lain. Namun tetap dari semua itu, my number one passion adalah tetap terkait training, yaitu menjadi fasilitator training. Dari mulai merencanakan alur, menciptakan metode-metode yang efektif dan menarik, menyiapkan segala alat dan bahannya, hingga ketika on the spot memfasilitasi para peserta training/workshop/diskusi, I feel so alive and so being my self, hehehe. Kamu tahu apa artinya passion kan? Passion adalah sesuatu yang meskipun kamu melakukannya setiap hari seribu juta kali, kamu tetap ingin melakukannya lagi dan lagi. That’s my feeling for training facilitating.

#Resolution Number 7
Terus Membuat Buku Cerita Anak Bergambar

Sejak 2010 hingga 2018, aku bersama suamiku sudah berkolaborasi membuat total 14 buku cerita anak bergambar yang diterbitkan oleh beberapa penerbit. Aaahh ini pamer apa sekalian promosi ya, hehehe. Dari 14 itu sebenarnya yang sudah terbit baru 11 buku, yang 3 lainnya akan segera terbit pada awal tahun ini, tapi proses pembuatannya sudah selesai di tahun 2018 kemarin. Nah di tahun 2019 ini, harus banget lah ya dimasukkan ke dalam resolusi tahun baru untuk membuat buku cerita anak bergambar kami yang ke-15, 16, 17 dan seterusnya. Amiiiinn.

Demikianlah, 7 resolusi tahun baruku untuk tahun 2019, and what about you gaess, what are your new year’s resolutions? Please share it with me, hehehe.

Fitri Indra Harjanti

Bagikan:

Fitri Indra Harjanti

Seorang fasilitator, editor, penerjemah, dan penulis freelance yang tinggal di Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Aktif menggeluti isu gender dan feminisme sejak 7 tahun yang lalu. Menghabiskan waktu luangnya dengan menonton film di bioskop, mendengarkan band Queen, dan berbicara dengan kucing-kucingnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *